Billboard Indonesia Music Awards Akan Digelar untuk Pertama Kali

Senin, 20 Januari 2020 - 19:25 WIB
Billboard Indonesia Music Awards Akan Digelar untuk Pertama Kali
Billboard Indonesia Music Awards Akan Digelar untuk Pertama Kali
A A A
JAKARTA - RCTI bersama Billboard Indonesia akan menggelar Billboard Indonesia Music Awards 2020. Diselenggarakan untuk pertama kali pada 26 Februari mendatang, ajang penghargaan yang bakal disiarkan oleh RCTI ini menjadi bentuk apresiasi terhadap musisi Tanah Air yang telah mendedikasikan waktu mereka untuk berkarya. Menciptakan lirik dan musik yang menjadi inspirasi bagi banyak orang hingga masuk Billboard Indonesia.

"RCTI bersama Billboard Indonesia sangat bangga bisa mempersembahkan sebuah penghargaan musik kelas dunia untuk pertama kali di Asia dan Indonesia kepada musisi-musisi Tanah Air melalui Billboard Indonesia Music Awards," kata CEO RCTI Kanti Mirdianti dalam jumpa pers di MNC Studios, Jakarta, Senin (20/1).

Latar belakang dihadirkannya penghargaan musik kelas dunia ini dimulai sejak pertama kali Billboard Indonesia muncul. Billboard Indonesia menyematkan harapan besar dengan hadirnya tangga lagu kredibel yang tidak hanya menjadi acuan lagu-lagu terpopuler saat ini, tapi juga menjadi titik temu antarpelaku industri musik dan meningkatkan motivasi bagi bisnis musik dalam negeri yang terus berkembang.

"Kalau AMI Awards ada dewannya. Dari cara menghasilkan nominasinya yang penting. Sementara kalau di Billboard dari berbagai platform musik dikumpulkan semua datanya sehingga sangat akurat saat dimunculkan, kemudian itu menjadi nominasi. Ini yang membedakan. Kedua, periode waktu. Di Billboard Indonesia Music Awards 2020 ada nama Reza Artamevia di kategori throwback hits. Sekarang anak 15 tahun happy sekali mendengarkannya. Ini yang membedakan," jelas Dini Putri, Programming & Acquisition Director RCTI.

"Yang membuat Billboard ini luar biasa, karena merangkul semua musisi dari semua zaman. Biasanya awarding itu kita putuskan untuk kurun waktu satu tahun. Seolah-olah musisi yang nggak berkarya saat itu, nggak bisa masuk. RCTI dan Billboard secara brand juga sudah banyak di berbagai negara, dan sekarang ada di Indonesia," lanjutnya.

Billboard Indonesia Music Awards 2020 bakal memberikan 13 kategori penghargaan yang diperoleh dari penghitungan berbagai sumber data. Antara lain music streaming platform, video streaming platform, radio, karaoke, dan social media engagement (Twitter, Instagram, Facebook) untuk TOP Social Artist Awards selama periode Februari 2019-Desember 2019. Ajang ini juga memberikan penghargaan spesial berupa Lifetime Achievement.

"Harapan Billboard Indonesia dan RCTI, dengan adanya Billboard Indonesia Music Awards 2020 akan membuat musik Indonesia semakin sehat dan tampil dengan beragam warna. Juga memberikan kesejahteraan yang baik dengan tata kelola musik yang transparan dan bertanggung jawab,” kata Adib Hidayat, Editor in Chief Billboard Indonesia.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4864 seconds (0.1#10.140)